Diagnosis Varises

Berdasarkan berat ringannya penyakit, varises terbagi menjadi 4 stadium yakni :

  • Stadium I : Pada stadium ini gejala biasanya tidak spesifik. Pada umumnya ditandai dengan gejala tungkai baah gatal, rasa terbakar, rasa pegal, kaki mudah capek, mudah kesemutan (gringgingen).
  • Stadium II : Pada stadium ini ditandai dengan warna kebiruan yang lebih nyata pada pembuluh darah vena.
  • Stadium III : Pembuluh darah vena tampak melebar dan berkelokkelok irip sarang laba-laba (spider navy). Keluhan pada tungikai makin nyata dan makin kerap dialami.
  • Stadium IV : Pada stadium ini ditandai dengan timbulnya berbagai komplikasi, antara lain : dermatitis (peradangan pada kulit, kulit menghitam dan mengeras), luka (ulkus), pendarahan varises, dan gangguan pembuluh darah vena lainnya.

Bagi sebagian besar orang verises bukan masalah terutama varises ringan tanpa keluhan. Sementara bagi beberapa orang varises merupakan persoalan apalagi jika pekerjaan sehari-harinya di tuntut oleh keindahan bentuk dan penampilan kaki (faktor kosmetik) seperti pada peragawati, model dan pramugari. Tentu saja hal ini akan menjadi mimpi buruk bagi si empunya kaki. Keindahan kakinya akan lenyap diganti oleh tonjolan-tonjolan pembuluh darah yang mirip peta aliran sungai. Tidak hanya itu, si pemilik kaki juga akan merasakan rasa pegal yang teramat sangat pada kakinya.

Menegakkan diagnosa varises ditandai dengan adanya gambaran pembuluh darah balik/vena yang melebar dan berkelok-kelok. Selain itu dijumapi dengan tanda-tanda sebagai berikut Gatal, kaki terasa berat, pegal, dan cepat lelah (namun pada malam hari dan setelah melakukan aktivitas). Pembengkakan pada pergelangan kaki, biasanya akan berkurang bnila kaki dielevasi/ditinggikan. Nyeri kaki terutama pada pagi hari dan berkurang bila dipakai berjalan. Kram pada malam hari. Perbedaan warna kulit disekitar pembuluh vena yang mengalami gangguan. Jika terjadi trauma ringan pada daerah yang mengalami gangguan maka dapat terjadi pendarahan lebih banyak dari normal atau mengalami proses penyembuhan yang lebih lama.

Pada dasarnya pilihan pengobatan varises terdiri dari pengobatan tanpa operasi, pada stadium I dan II, serta pengobatan dengan operasi terutama pada stadium III dan IV.

Perawatan tanpa pembedahan memakai balut tekan-Elastic stocking/ bebat elastik sepanjang hari kecuali tidur dari ujung kaki sampai paha dengan maksud memberikan penekanan yang merata untuk membantu aliran darah vena.

Pembedahan pada varises terdiri dari pengikatan dan pemotongan vena yang mengalami varises. Mobilisasi dan berjalan tanoa menekuk lutu dimulai sehari setelah operasi. Perlu diketahui terapi varises dengan pembedahan tidak akan mengembalikan kulit mulus seperti sediakala. Varises hilang, memang iya namun sesudahnya cukup menimbulkan bekas operasi. Namun seiring jalan akan samar, Pemulihannya pun agak lama, 6 bulan dengan rajin konsultasi ke dokter setiap bulan sekali.

Terapi lain, penyuntikan bahan sklerotik, dianjurkan bila tidak mau operasi atau bila varisesnya sedikit. Bahan suntikan yang dipakai akan membuat vena yang bersangkutan teroblitrasi. Suntikan pada varises dilakukan tidak lebih dari enam tempat pada sekali perawatan. yang perlu diingat adalah tidak semua varises dapat dilakukan penyuntikan obat sklerotik.

Pencegahan pada penyakit varises, yaitu :

  • Hindari berdiri terlalu lama. Bila sedang terpaksa berdiri lama, gerakkan tungkai kaki. Prinsipnya jangan berada pada satu sikap tubuh yang sama dalam jangka waktu yang lama.
  • Kontrol berat badan
  • Seusai beraktivitas setiap hari berbaringlah dengan  posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi yang sudah menderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam untuk melancarkan peredaran darah ke jantung.
  • Olahraga rutin untuk melatih otot kaki, jalan santai, jalan cepat, joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari)
  • Perbanyak konsumsi sayudar dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang riskulasi darah dan kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan dan protein hewani.

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Varises dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Varises dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Varises and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.